Jumat, 08 Mei 2015

Minggu #2 PKM-M TIKET MESRA

Sabtu, 28 Februari 2015 merupakan minggu kedua Program Kreatifitas Mahasiswa kepada Masyarakat Meningkatkan Konsentrasi Tunagrahita (PKM-M TIKET MESRA). Pagi itu, tepatnya pukul 7 sudah terlihat anak-anak SLB Tunagrahita tengah menari. Ditemani dengan guru pendamping, mereka sangat antuasias dengan kegiatan menari itu. 

Tidak kalah serunya dengan kegiatan membatik dari PKM-M TIKET MESRA karena saat itu tempat membatik belum kami sediakan tetapi mereka sudah terlihat siap dengan kegiatan membatik. Agenda hari itu ialah membatik dan mendesain motif batik.

Kami membagi mereka kedalam dua kelompok. Kelompok pertama mendesain motif batik dan kelompok kedua membatik. Karya yang akan kami buat ialah sapu tangan yang berukuran sekitar 30cm x 30cm. Metode yang kami gunakan ialah dengan mengalaskan kain pada sebuah karton dengan maksud agar malam tidak jatuh dan mengenai kulit mereka, dengan menggunakan penjepit kertas sehingga kain dengan mudah dibatik. Secara umum, membatik tidak menggunakan sebuah alas tetapi karena mereka baru pertama kali membatik maka kamu menerapkan cara ini sebagai pelatihan awal. Sehingga ketika mereka sudah terbiasa membatik maka akan dengan sendirinya alas karton akan tidak digunakan lagi.
Tidak lupa pula, kami menggunakan cara-cara kesehatan dengan maksud untuk mencegah terjadinya keselahan atau keteledoran saat membatik. Cara-cara kesehatan antara lain menggunakan masker dan sapu tangan.(TIM DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI PKM-M TIKET MESRA

Kegiatan menari SLB Yapenas

Penggunaan masker









Foto bareng bersama dengan guru pendamping membatik
SLB Yapenas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar